Home
Meningkatkan Kohesivitas dengan Media

Meningkatkan Kohesivitas dengan Media

APA YANG TERJADI PADA GAMBAR DIATAS ?

Public Relations adalah gabungan dari dua buah kata yaitu “ Public” dan “Relations”.

Public adalah salah satu kelompok dalam masyarakat dimana di dalam masyarakat yang sifatnya heterogen. Terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen. Yang homogen inilah yang dapat dikategorikan sebagai public. Kata public secara universal yaitu sekelompok orang yang sama terhadap sesuatu hal.

Dalam bahasa Indonesia kata “Relation” diterjemahkan sebagai “Hubungan” tetapi dalam kaitannya dengan PR. Relations yang dimaksud adalah Jamak. Dari pengertian kata Relations bahwa hubungan yang dilakukan dalam kegiatan PR adalah banyak. Dalam arti kata kegiatan PR pada pelaksanaannya melibatkan berbagai macam hubungan, tidak hanya dalam suatu macam hubungan.

Pada bagan diatas dapat dijelaskan proses seorang atau lembaga PR sebagai penengah antara sistem birokrasi dengan paternalistik untuk meningkatkan Kohesivitas dengan Media. Dimana Media Massa yang ditekankan pada bagan diatas sudah pastinya memiliki Ideologi Media dan dipimpin oleh Pemilik Media Massa. dalam peningkatan kohesivitas dengan Media, seorang PR sudah pastinya akan dipengaruhi oleh sosial kultural dalam komunikasi-nya. Dan Media massa akan memberikan feedback secara kolektif.

Contoh dari proses diatas adalah Kasus penculikan bayi di suatu Rumah Sakit di Jakarta. PR bertugas menganalisa kejadian yang terjadi dengan struktur organisasi di Rumah Sakit tersebut, antara lain seperti Perawat Jaga, Dokter, Kepala Rumah Sakit, Manager dan staff lainnya yang tercantum secara struktural. Dan setelah mendapatkan hasil maka seorang PR Rumah Sakit tersebut akan melaporkan pada pihak Paternalistik Rumah Sakit seperti Pemilik Rumah Sakit bersangkutan (Owner) untuk menjaga nama baik dari Rumah Sakit tersebut. Dalam hal itu media akan secara kolektif mencari informasi – informasi menyangkut penculikan bayi tersebut. Dan disini PR dibutuhkan untuk menyampaikan informasi – informasi dan bekerja sama dengan Media Massa agar terjadi keselarasan dan hubungan timbal balik antara PR dengan Media Massa. Dengan jalinan komunikasi yang baik antara PR dengan Media Massa maka pelaku penculikan dapat tertangkap, nama baik Rumah Sakit pun dapat kembali selayaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s