Home
Wholesaler Agent

Wholesaler Agent

Hi Guys,

Postingan kali ini, saya akan membahas E-PR dari Perusahaan yang bergerak di bidang hospitality bernama Bali Res Centre. Para pelaku industri pemasaran mengakui bahwa PR bertanggung jawab dalam membangun suatu brand. Namun sekarang seraya media internet memainkan peranan yang sedemikian penting di kalangan bisnis dan masyarakat, E-PR bisa menjadi tantangan baru bagi strategi PR yang selama ini dilakukan secara offline, dan juga menjadi tambahan kosa kata baru seperti halnya kata e-commerce, e-mail, e-business, dan e-HR.

Huruf ‘e’ yang ditaruh sebagai prefiks dari kata PR yang singakatan dari Public Relations walaupun mirip dengan Humas, namun kata para pelaku PR, Humas berbeda dengan PR, namun dalam kaitannya dengan internet, ‘e-PR’ bukan saja mengartikan electronic, namun mengartikan jauh lebih sekadar perangkat elektronik, seperti halnya televisi digital dan berbagai perangkat kabel atau nirkabel.

Kegiatan kehumasan di sebuah perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk membangun citra perusahaan. Kehumasan dipahami menjadi sebuah senjata ampuh untuk mempengaruhi opini publik kepada perusahaan, tetapi kendala terbesar dalam perkembangan Kehumasan di Indonesia adalah kesalah pahaman para pembuat keputusan di perusahaan dalam menanggapi kegiatan kehumasan. Banyak yang berpikir bahwa kehumasan hanyalah memajang wanita cantik sebagai pegawai humas yang pandai berbicara mewakili perusahaan. Padahal fungsi humas jauh lebih berarti dari sekedar jual tampang dan pandai berbicara.

Mengutip pepatah asing yang mengungkapkan fungsi kehumasan di sebuah perusahan,

If I tell you I am handsome and exciting, that is advertising
If somebody else tells you I am handsome and exciting, that is sales promotion
If you come and tell me you have heard I am handsome and exciting, that is public relations

Dalam kutipan ini jelas terlihat fungsi humas untuk mempengaruhi opini publik terhadap perusahaan merupakan tugas penting seorang pegawai kehumasan. Seorang humas wajib mampu membuat sebuah program kehumasan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Program kehumasan terbagi pada segmentasi program itu sendiri, yaitu :
1. Customer Relations
2. Employee Relations
3. Community Relations
4. Government Relations
5. Media Relations
Masing-masing target market mempunyai kepentingan yang berbeda-beda pada perusahaan dan hubungan baik dan citra baik yang patut dibangun dan dijaga oleh kegiatan kehumasan pada setiap stakeholder perusahaan.

Bali Res Centre merupakan contoh yang menarik untuk dijadikan contoh E-PR. Dalam website-nya, perusahaan tersebut mempublikasi alamat mereka dengan mudah, sejarah awal berdirinya dan pelayanan yang dapat mereka sediakan terlihat jelas saat anda membuka homepage website Bali Res Centre (gambar 1.1)

Gambar 1.1 - Homepage Bali Res Centre

Gambar 1.1 – Homepage Bali Res Centre

Hal tersebut memudahkan para customer untuk mencari layanan yang dapat disediakan oleh Bali Res Centre. Saat ini banyak sekali para customer yang tidak ingin berbelit – belit saat ingin memesan sesuatu layanan. Di pihak lain dengan adanya website tersebut memudahkan Bali Res Centre mendapatkan feedback berupa email booking dan sudah pastinya customer. Website Bali Res Centre tidak hanya dijadikan ajang untuk Publikasi walaupun sudah tentu hal tersebut tujuannya., website tersebut juga berisi update informasi mengenai aktifitas-aktifitas yang terjadi di Bali.

Aktivitas PR banyak diuntungkan dengan adanya media internet. Internet hanyalah salah satu dari sekian banyak media yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku PR yang kenyataannya di Indonesia sekarang ini belum dimaksimalkan. Mudah-mudahan para pelaku PR di tanah air kita akan memaksimalkan media internet agar turut memberikan kontribusi dalam membangun citra suatu perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s