Home

design grafis

Desain grafis adalah sebuah cabang ilmu desain yang sangat berpengaruh dalam dunia desain saat ini. Bagaimana cara membuat desain grafis? Sulitkah belajar desain grafis? Banyak hal baru tentang dunia desain grafis yang akan anda temukan jika anda banyak membaca, coba mencari di google tutorial desain grafis atau belajar desain grafis maka akan ada banyak influence yang didapat.

Jangan pernah takut salah dan jangan enggan untuk membaca, karena dengan membaca wawasan kita akan semakin bertambah.

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

BELAJAR DESAIN GRAFIS

Belajar desain grafis memang tidak mudah, dibutuhkan keterampilan khusus dan yang terpenting adalah kemauan yang keras untuk belajar. Secara formal desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se-efektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Dalam desain grafis ada beberapa unsur didalamnya, sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

KEBUTUHAN DESAINER GRAFIS

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat desain grafis? Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kita membuat karya desain grafis, hal yang harus diperhatikan adalah tentang disiplin ilmu, tidak menutup kemungkinan para desainer grafis profesional pun melupakan hal-hal kecil semacam ini. Sedikit berbicara sejarah, hal ini sangatlah membosankan apabila kita belum menikmati apa yang kita telusuri, apalagi teori namun ini adalah suatu keterikatan dalam suatu mata rantai desain grafis.

Untuk posting berikutnya, kita akan membahas sedikit mengenai Sejarah Desain Grafis.

Sumber :

http://natapura.com/tutorial-desain

http://qstutorial.wordpress.com/2010/10/24/design-grafis-definisi/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s